Jumat, 05 April 2013

Buah Partenokarpi



Oleh: Siti Halimah Sadiyah 9H



 Apakah buah partenokarpi itu? Buah apa sajakah yang termasuk buah partenokarpi itu? Pada beberapa jenis tanaman, buah dapat dihasilkan meskipun penyerbukan dan pembuahan tidak terjadi . Kalian dapat menemukan buah-buahan ini secara alami pada buah pisang dan nanas. fenomena ini dikenal sabagai "partenokarpi" . buah partenokarpi biasanya tidak berbiji, tapi tidak semua buah tanpa biji adalah partenokarpi , karena pada kebanyakan tumbuhan perkembangan buah diawali dengan pembuahan.
 Buah partenokarpi ini juga dapat dihasilkan secara buatan dengan memakai zat pengatur tumbuh sintetis yang mengandung hormone auksin atau giberelin . zat  pengatur ini dibuat dalam bentuk pasta, kemudian di letakkan pada putik yang di potong , atau di suntikan secara langsung ke dalam rongga bakal buah . dapat juga zat pengatur itu di letakkan di tanah agar dapat di serap langsung atau di semorotkan pada tunas atau bunga. Bahkan zat pengatur tumbuh yang di uapkan di sekitar tumbuhan dapat meenginduksi terjadinya partenokarpi.
Partenokarpi buatan telah berhasil di terapkan untuk membuat buah tanpa biji seperti pada tanaman semangka, mentimun, labu, anggur, dan tomat. Mungkin kalian suka makan semangka tanpa biji karena ketika menikmatinya tidak terganggu oleh banyaknya biji pada daging buahnya. Anggur tanpa biji juga sedang tren dan terkenal sangat disukai oleh banyak konsumen. Tapi tidak semua buah tanpa biji di sukai oleh konsumen. Tomat tanpa biji tidak mempunyai bau harum khas buah tomat.
Di amerika serikat banyak di kembangkan jeruk tanpa biji. Meskipun tanpa biji didalamnya sering ditemukan 2 atau 3 biji. Kita juga bias menemukan buah ini dengan mudah di kota anda !! :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar